Laman

Senin, 14 November 2016

Koran WARTA KOTA, Bintara Polri 2002 Bagi-bagi Helm SNI Gratis


Puluhan Bintara Polri yang tergabung dalam wadah Ikatan Alumni Dikmaba Polri T.A 2002 Se Indonesia (IKABA 2002), Sabtu (29/10) lalu menggelar kegiatan "Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas" di Jalan Matraman Raya di depan Hotel Grand Menteng, Jakarta Timur.

Kegiatan Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas yang digelar anggota IKABA 2002 hari itu membagi bagikan 100 helm ber-SNI kepada pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm yang sedang melintas di kawasan tersebut.

Ketua IKABA 2002 (Periode 2014-2016) Bripka Daniel Bachrul Rohmat menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara reuni dan musyawarah nasional (munas) IKABA 2002 yang digelar pada 27-30 oktober 2016 di Hotel Grand Menteng. Acara itu dihadiri perwakilan dari seluruh Polda di Indonesia

"Untuk kegiatan pembagian Helm SNI ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masalah-masalah keselamatan berlalu lintas dan membangu budaya tertib lalu lintas," kata Daniel yang saat ini bertugas di Satbrimobda Metro Jaya.

Hal itupun diamini rekannya Ipda Paulus Sanadi WAP dari Polda Papua Barat. Dia mengatakan, kecelakaan lalu lintas meruupakan salah satu penyumbangterbesar hilangnya nyawa di jalan raya.

"Hal ini (hilangnya nyawa akibat kecelakaan lalu lintas) dapat ditekan dengan menciptakan masyarakat yang tertib berlalu lintas, salah satunya wajib menggunkan helm saat berkendara sepeda motor," kata Paulus.

Semakin solid

Kegiatan bagi-bagi helm para Bintara Polri hari itu turut dihadiri oleh pihak manajemen Hotel Grand Menteng antara lain Ridwan Adi Saputra (General Manager) dan Boy Rhendi Setiawan (Marketing Manager)

"Semoga IKABA 2002 khususnya dan Polri pada umumnya semakin solid serta menjadi institusi yang dicintai dan dibanggakan," ujar Ridwan Adi Saputra.

Sementara, untuk acara munas yang digelar sehari sebelumnya, terlah terbentuk Pengurus IKABA 2002 baru masa bakti 2016-2020'

Dari Halal Bihalal, Baksos Hingga  Munas

Wadah Ikatan Alumni Dikmaba Polri T.A 2002 Se - Indonesia (IKABA 2002) dideklarasikan pada saat Musyawarah Nasional (Munas) I di Hotel New Idola, Jakarta pada tanggal 18 Januari 2014.

Ketua IKABA 2002 (Periode 2014-2016) Bripka Daniel Bachrul Rohmat menuturkan awalnya perkumpulan ini di setiap Polda mulai terbentuk pada tahun 2007. Namun saat itu masih sebatas wilayah Polda masing-masing.

Pada tahun 2010 mulai direncanakan untuk membentuk wadah secara nasional dan melalui Munas yang dihadiri perwakilan dari Polda seluruh Indonesia pada 18 Januari 2014 secara resmi berdiri IKABA 2002 Indonesia," kata Daniel.

Anggota IKABA 2002 dari jumlah total dari 15 Sekolah Polisi Negara (SPN) dan Pusdik yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk dari Sepolwan Ciputat (red) ada sekitar 12.000 orang.

"Di Polda Metro Jaya dan Mabes Polri ada sekitar 1.100 orang yg berasal dari SPN Lido, Pusdi Porong dan Sepolwan," kata Daniel.

"Sudah banyak kegiatan rutin Anggota IKABA 2002 selama ini, kegiatan yang kami buat misalkan, halal bihalal dan baksos seperti santunan anak yatim, bantuan bencana dan lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan per 6 bulan atau per 1 tahun sekali," katanya.

"Sedangkan tingkat nasional per 2 tahun sekali dengan diadakan munas seperti kegiatan sekarang," kata Daniel.

Daniel menambahkan untuk komunikasi antar anggota, mereka melalui grup Whatsapp (WA) yang membernya terdir dari masing-masing tujuh orang yang merupakan perwakilan dari 33 Polda.

"Selain itu, kami memanfaatkan dunia maya seperti grup Facebook (FB), grrup Telegram dan website www.ikaba2002.com ," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar